Informasi penting mengenai Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Pabrik air minum dalam Kemasan

Air minum merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi setiap harinya. Sayangnya, tidak semua orang memiliki sumber air bersih dan higienis sehingga banyak masyarakat yang memilih menggunakan air galon atau air dalam kemasan untuk mencukupi kebutuhan air minum sehari-harinya.

Kebutuhan air minum menjadi hal yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Manusia tak akan bisa hidup tanpa air. Khususnya adalah air bersih yang layak konsumsi, maka dari itu kebutuhan akan air minum sangat penting sekali.

Hal ini menjadi peluang besar bagi pelaku bisnis untuk membangun pabrik air minum dalam kemasan sendiri.

Inilah beberapa Informasi penting mengenai Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Nah jika anda salah satu yang tertarik dengan bisnis AMDK ini, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Persiapkan Rencana yang Matang

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan semua rencana dengan matang. Seperti memilih lokasi yang tepat, strategi pemasaran yang  tepat, memilih segmen pasar yang ingin dituju, dan banyak lagi yang lainnya.

2. Buat Analisis SWOT

Sangat penting bagi anda untuk membuat analisa SWOT. Analisa ini dilakukan agar anda bisa mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan, atau apa yang menjadi peluang serta ancaman yang harus anda hadapi dalam membangun bisnis pabrik air minum dalam bentuk kemasan ini.

3. Beli Mesin yang Berkualitas

Hal yang tak kalah penting adalah anda harus membeli mesin yang berkualitas. Mesin pengolahan air ini memang ada beragam. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Hanya juga haru selektif dalam memilih supplier mesin yang tepat agar bisa membantu anda jika ternyata memiliki beberapa kendala dan ingin berkonsultasi.

Contoh keberhasilan bisnis AMDK

Salah satu contoh keberhasilan bisnis pabrik air minum dalam bentuk kemasan yang dilakukan oleh remaja berusia 21 tahun bernama Gerardus Michael beserta keempat temannya terjun membuka bisnis penjualan air minum dalam bentuk kemasan bermerek Oz.

“Bisnis air minum dalam bentuk kemasan ini kita melihat sedang booming, akhirnya kita punya resources yang pas dan kita buka,” katanya

Menurutnya, air minum yang diproduksinya ini aman dan sehat. Namun belum memiliki label SNI, sehingga pemasaran produk air minum kemasannya terbatas.

“Tingkat keasaman sudah sesuai dengan standar mineral water. Pastinya sehat, karena air ini langsung dari mata air yang ada di Bogor. Kita bekerja sama dengan dengan perusahaan air minum lokal” katanya.

Saat ini Gerardus Michael sudah menjual 2 produk air minum dalam bentuk kemasan galon dan botol berukuran 600 ml. Per harinya, pabriknya sudah mampu memproduksi 5.000 botol per hari, serta 600-700 galon/hari.

 

Untuk harga jual, produk botol berukuran 600 mililiter dijual Rp 5.000/pcs, galon Rp 37.000/pcs, dan isi ulang galon Rp 15.000/pcs.

Selain dari membangun pabrik air minum dalam bentuk kemasan dengan skala besar. Anda yang memiliki modal sangat terbatas bisa memulai bisnis ini dengan membuka usaha depot isi ulang air gallon.

Usaha depot isi ulang air gallon bisa menjadi pilihan anda untuk memulai bisnis kecil-kecilan di rumah. Modalnya tak terlalu besar, anda cukup memasang Mesin Reverse Osmosis untuk mengolah air baku menjadi air bersih layak konsumsi. Karena harga air mineral hasil reverse osmosis bisa tiga kali lebih murah dari air minum kemasan dengan merk terkenal yang banyak beredar dipasaran.

Kebutuhan & Perlengkapan Membuat Usaha Depot Air Minum

Jika anda tertarik membangun bisnis depot air minum untuk isi ulang gallon, maka anda perlu memperhatikan beberapa kebutuhan dan perlengkapannya. Ada beberapa kebutuhan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis isi air ulang rumahan ini:

  • Tabung air/tandon plastik dan aluminium
  • Mesin pengolah air skala kecil
  • Tabung filter dan ultraviolet
  • Lemari stainless untuk display
  • Water meter
  • Botol galon, penutup, dan tisu.

Jika anda berminat membangun bisnis ini, kini sudah banyak supplier yang menyediakan paket usaha yang anda butuhkan diatas. Anda perlu menyiapkan modal uang setidaknya Rp14 hingga Rp22 juta untuk paket isi ulang air minum yang paling murah.

Anda bisa membukanya di rumah sendiri, agar modal untuk memulai bisnis depot air minum pun bisa lebih hemat lagi karena tidak perlu membayar uang sewa toko.

Hal-hal penyebab gagalnya bisnis pabrik atau perusahaan Air minum dalam kemasan

Besarnya peluang bisnis air minum dalam bentuk kemasan ini, juga membuat resiko gagal yang juga besar. Pada dasarnya semua bisnis yang dijalankan tentu memiliki resikonya masing-masing, tak terkecuali dengan bisnis yang satu ini. Beberapa hal yang bisa membuat bisnis ini gagal antara lain:

1. Memilih Lokasi Pabrik yang salah

Banyak yang berpikiran bahwa membangun pabrik pengolah air minum harus di gunung dekat dengan mata air. Anggapan itu tak sepenuhnya salah. Namun jika diperhatikan, lokasi pabrik yang jauh dari konsumen akan menyebabkan membengkaknya ongkos sehingga harga jual tidak mampu bersaing.

Dengan teknologi yang ada saat ini, anda bahkan bisa membangun pabrik pengolahan air di rumah anda sendiri. Bahkan jika perlu, anda bisa membangunnya disebelah rumah konsumen anda.

2. Investor awam, dan kurang informasi

Para pebisnis yang biasanya tidak mampu bertahan lama dalam bisnis ini biasanya adalah mereka yang awam dan kekurangan informasi penting sebelum membangun bisnis air minum dalam kemasan ini, sehingga segala sesuatu yang dijalankan kurang baik dan benar.

Alhasil modal yang dikeluarkan tidak kunjung kembali, dan akhirnya menjual pabriknya dalam beberapa tahun kedepan setelah dibangun.

3. Tidak cermat memilih Supplier

Sebenarnya anda tidak bisa menyalahkan supplier yang anda andalkan untuk membangun system pengolahan air untuk pabrik anda karena yang namanya supplier hanya mengerjakan sesuai dengan yang diminta.

Namun, jika anda cermat dalam memilih supplier, maka anda bisa memilih supplier terbaik yang bisa menjadi rekan anda dalam membangun bisnis ini, anda bisa berkonsultasi mengenai hal apapun terkait bisnis anda jika ternyata memiliki kendala. Jadi pastikan anda cermat dalam memilih supplier.

4. Konsep Promosi, Pemasaran dan Penjualan yang kurang baik

Biasanya pebisnis yang terjun di bidang ini hanya mencontoh yang sudah ada, sehingga teknik yang digunakan sama, padahal jaman sudah berubah.

Biasanya iklan yang digunakan berupa billboard, dan spanduk pinggir jalan yang biayanya sangat besar dengan hasil yang begitu nihil. Padahal saat ini terdapat media social yang bisa digunakan untuk beriklan dengan lebih tertarget.

Sehingga menjadikan produksi barang terus berjalan sesuai dengan kapasitas mesin yang dipesan dari supplier, tetapi karena konsep promosi dan pemasaran yang kurang baik, mengakibatkan penjualan tidak berjalan.

Alhasil satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan perang harga.

5. Sumber Daya Manusia yang kurang kompeten

Salah satu hal yang membuat bisnis tidak berjalan dengan baik adalah kualitas SDM yang digunakan kurang optimal karena kurang kompeten dibidangnya.

6. Tingginya Biaya Operasional

Tingginya biaya operasional biasanya diakibatkan karena investor atau pemilik usaha jarang memantau langsung ke lapangan, mengakibatkan banyaknya hal yang kurang terkontrol, banyak biaya yang bocor dan membengkak.

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai pabrik air minum dalam kemasan yang bisa menjadi masukan untuk anda yang tertarik berbisnis dibidang ini.