Depot Air Minum

Tips Memilih Karyawan Untuk Depot Air Minum Isi Ulang

Air minum merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus selalu terpenuhi. Namun kenyataannya, saat ini tidak sulit menemukan sumber air bersih, higienis, serta memenuhi persyaratan untuk diminum.

Tak heran jika banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan air galon atau air dalam kemasan untuk kebutuhan sehari-hari daripada mengolah air minum sendiri karena dinilai praktis dan cepat. Tentu hal ini berdampak positif pada usaha air minum, termasuk air minum isi ulang.

Usaha depot air minum isi ulang merupakan usaha yang mudah untuk dijalankan, juga menjanjikan keuntungan yang wah, terlebih lagi dengan semakin banyaknya kebutuhan dan minimnya ketersediaan air bersih, terutama di kota-kota besar, akibat pencemaran.

Inilah Keunggulan Usaha Depot Air Isi Ulang

Depot-Air-Minum

Walaupun usaha ini perlu mengeluarkan modal yang lumayan besar di awal, anda berpeluang untuk mendapat keuntungan yang menjanjikan. Jika dihitung secara kasar, dengan menjual sekitar 50 galon per hari dengan harga jual Rp 5000 per galonnya maka omset perbulannya mencapai Rp 7,5 Juta. Selain itu, inilah Keunggulan dari usaha depot air isi ulang:

  1. Bisnis Air Minum Bukan Bisnis Musiman

Usaha yang berkaitan dengan air minum akan terus dicari konsumen karena masyarakat selalu membutuhkan air minum. Karena itulah, bisnis ini sangat mungkin memiliki umur yang panjang.

  • Keuntungan yang menjanjikan

Bisnis depot air isi ulang cukup menjanjikan dalam menciptakan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan, mengingat kebutuhan air minum akan selalu ada.

  • Tidak membutuh keahlian khusus

Untuk menjalankan usaha ini, tidak dibutuhkan keahlian khusus, siapa saja bisa melakukannya, asal tekun untuk menjalaninya.

  • Bisa dijalankan bersamaan dengan usaha lain di satu tempat yang sama

Menjalankan usaha depot isi ulang memberikan anda peluang untuk menjalankan usaha lainnya di kios anda. Anda bisa juga menjual gas elpiji, atau kebutuhan sehari-hari lainnya seperti sembako, dan lain sebagainya.

  • Depot Isi Ulang Tidak membutuhkan tempat yang luas

Untuk memulai usaha depot isi ulang, anda tidak membutuhkan kios yang terlalu luas, hanya perlu satu ruang kecil. Anda bisa membuatnya di depan rumah untuk menempatkan mesin isi ulang air. Dengan begitu, anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menyewa kios.

Inilah Tantangan Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Untuk memulai usaha depot isi ulang, setidaknya anda memerlukan modal yang lumayan besar, yaitu sekitar Rp 45 juta untuk penyediaan peralatan dan sebagainya. Modal awal ini digunakan untuk penyediaan hal-hal berikut :

  • Kebutuhan peralatan mesin depot air isi ulang
  • Kelengkapan pendukung atau penunjang produksi
  • Keperluan administrasi dan investaris untuk melengkapi izin usaha
  • Biaya operasional di bulan pertama
  • Keperluan lain-lain

Inilah Tips Sukses Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Saat ini masyarakat sangat peka terhadap kualitas air minum isi ulang. Oleh karena itu, anda perlu menumbuhkan kepercayaan konsumen bahwa air isi ulang yang anda tawarkan layak untuk diminum. Nah, selain itu anda juga harus menerapkan beberapa tips berikut ini:

  1. Pilihlah lokasi usaha yang strategis
  2. Mengurus izin usaha dan legalitas agar usaha anda bisa berjalan dengan lancar, terbebas dari masalah hukum, juga dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang anda jual.
  3. Menentukan jenis air yang akan dijual, apakah air mineral atau air Ro. Anda juga bisa memilih keduanya, karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda.
  4. Menyiapkan Modal dan Peralatannya. Anda tentunya harus menyiapkan modal yang cukup untuk melengkapi setiap peralatan yang dibutuhkan, mulai dari mesin, galon, hingga transportasi untuk antar jemput galon kepada konsumen.
  5. Tawarkan produk dengan harga yang tepat dan bersaing, juga Rajin melakukan promosi secara online maupun offline
  6. Berikan pelayanan yang baik dan ramah kepada setiap konsumen
  7. Selalu menjaga kualitas produk dengan memilih sumber air yang baik
  8. Menonjolkan keunggulan produk kamu dibandingkan para pesaing
  9. Memberikan inovasi dalam layanan
  10. Menjaga kebersihan tempat usaha dan kemasan air isi ulang untuk mencegah kontaminasi bakteri
  11. Menyediakan Pinjaman galon gratis, jika ternyata anda adalah depot isi ulang pertama yang ada di lingkungan anda, karena biasanya masyarakat belum memiliki galon dan harga untuk membeli galon terbilang cukup mahal.
  12. Memberikan bonus bagi pelanggan setia, contohnya memberikan bonus berupa isi ulang gratis setiap 10 kali isi ulang.
  13. Lakukan pembukuan keuangan dengan baik, anda harus rajin mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap hari agar mengetahui perkembangan usaha ini.
  14. dan yang terakhir adalah Mempekerjakan karyawan yang bisa dipercaya untuk menjalankan usaha anda karena karyawan adalah salah satu faktor penentu kesuksesan usaha anda. Namun anda juga harus sering memantau perkembangan usaha anda.

Inilah Tips memilih karyawan untuk menjalankan depot air minum isi ulang milik anda adalah sebagai berikut:

  1. Cari karyawan yang berasal dari luar daerah, karena biasanya orang dari luar daerah memiliki semangat merantau yang tinggi, sehingga bersungguh-sungguh dalam bekerja. Anda bisa mencari karyawan yang berasal dari luar daerah melalui internet dengan memposting lowongan pekerjaan di Grup Facebook misalnya, namun anda harus menyediakan tempat tinggal untuk karyawan anda. Anda bisa menyiapkan tempat tinggal yang sederhana namun layak di dalam kios depot air anda, dengan begitu rasa loyalitas mereka akan semakin tumbuh dan bersedia merawat tempat itu.
  2. Hindari memilih karyawan yang berasal dari warga sekitar, karena biasanya mereka hanya bekerja untuk sementara waktu dan bisa resign sewaktu-waktu sebelum anda merekrut karyawan baru, sehingga anda perlu menjalankan usaha anda sendiri sebelum menemukan karyawan baru.
  3. Pilih karyawan yang baru lulus SMA sederajat yang tidak melanjutkan kuliah, karena mereka membutuhkan pekerjaan, dan biasanya rela digaji seadanya karena belum memiliki banyak tanggungan. Mereka juga relatif mudah diatur dan menaati peraturan yang sudah anda buat.

Setelah mengetahui tips memilih karyawan, anda juga harus mengetahui cara menentukan gaji untuk karyawan anda, berikut ulasannya:

  1. Cara Menentukan Gaji Pokok karyawan untuk depot anda yang baru saja merintis, anda tidak perlu langsung memberi gaji yang tinggi. Anda bisa memberikan gaji pokok dibawah 1 juta per bulannya. Mengapa gaji pokok masih rendah? karena diawal usaha, anda masih perlu melakukan banyak promo untuk mencari pelanggan, dan dimasa itu belum banyak galon-galon yang harus diantar oleh karyawan. Seiring berjalannya waktu, anda bisa perlahan menaikkan gaji karyawan sesuai dengan perkembangan usaha anda.
  2. Uang Makan sehari-hari. Karena karyawan tinggal di kios anda, maka anda wajib memberikan uang makan sehari 3 kali. Anda bisa memberikan uang makan full contohnya 10.000 x 3 = 30.000 sehari untuk membeli nasi + lauk. Atau anda bisa menyediakan beras dan rice cooker untuk karyawan anda kemudian memberikan jatah untuk membeli lauk sebesar 5.000 x 3 = 15.000 perharinya.
  3. Berikan Bonus dengan sistem target. Anda bisa menerapkan sistem target penjualan kepada karyawan anda, hal ini sangat efektif dalam menjaga dan meningkatkan semangat kerja bagi karyawan anda. Misalnya dengan menargetkan penjualan 30 galon perhari, maka akan diberi bonus sebesar Rp 15.000 jika target tercapai. Seiring berjalannya waktu, anda bisa meningkatkan target dan bonus untuk karyawan anda. Dengan begitu, karyawan anda akan tetap semangat dalam bekerja.

Nah, itulah Tips Memilih Karyawan Untuk Depot Air Minum Isi Ulang