Perbedaan Cincin Kawin Emas Kuning dan Emas Putih, Mana yang Terbaik ?

Beberapa calon pasangan baru sering dilanda rasa bimbang saat menentukan jenis logam pembuat cincin. Terdapat beberapa jenis logam yang paling sering digunakan dalam pembuatan cincin kawin emas, seperti emas kuning dan emas putih.

Opsi lain selain emas juga tersedia meliputi palladium, platinum dan platidium. Berdasarkan wujudnya, emas terbagi menjadi dua, yaitu emas kuning dan emas putih. Apa pembeda dua jenis emas ini? Mana yang paling bagus untuk dijadikan cincin? Cari jawaban lengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Perbedaan Cincin Kawin Emas Kuning dan Emas Putih

Emas kerap menjadi logam yang paling sering dipakai. Pasalnya emas cenderung tidak mudah pudar, tidak memicu alergi hingga tahan keropos.

Banyak yang belum tahu bahwa emas tidak hanya berwarna kuning. Saat ini mulai banyak toko perhiasan yang menjual cincin kawin emas kuning dan emas putih. Pastikanlah Anda mengetahui karakteristik masing-masing emas sebelumnya membelinya, berikut rangkumannya.

1.     Bahan Pembuat

Cincin emas kuning terbuat dari emas kuning murni. Emas kuning sendiri kerap digunakan dalam pembuatan perhiasan atau emas batangan. Adapun jenis emas satu lagi dinamakan emas putih.

Pada dasarnya emas putih adalah emas kuning yang mengalami proses khusus, sehingga saat dibuat menjadi cincin warnanya menjadi putih keabuan. 

2.     Jenis Warna Kulit yang Cocok

Cincin kawin emas kuning lebih menawan bila dipakai oleh orang yang berkulit hangat, seperti kulit sawo matang. Orang yang memakainya akan terlihat lebih mewah nan klasik.

Sedangkan cincin emas putih lebih cocok untuk orang berkulit pucat. Namun, tidak menutup kemungkinan orang berkulit coklat tetap terlihat menarik dengan cincin emas putih. Warnanya yang putih keabuan cocok dipakai berbagai jenis warna kulit.

3.     Reaksi Alergi

Untuk kulit yang rentan alergi saat mengenakan perhiasan, disarankan untuk memilih cincin emas kuning. Karena tidak ada campuran logam lain yang berpotensi menjadi alergen. 

Cincin emas putih memang terlihat elegan, sehingga menonjolkan keindahan buah permatanya. Tetapi bila Anda mempunyai alergi, sebaiknya dipertimbangkan lagi.

4.     Kepadatan Cincin

Emas kuning merupakan logam yang lunak dan mudah dibentuk. Apabila cincin sering terbentur atau mengalami kontak dengan benda-benda keras atau tajam, bisa-bisa cincin rentan tergores.

Hal ini juga sama pada cincin emas putih, namun daya tahannya lebih tinggi sehingga tidak mudah tergores layaknya cincin emas kuning. Selagi Anda menjaga cincin dengan hati-hati, cincin tidak akan rusak.

5.     Harga 

Cincin emas kuning umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah ketimbang cincin emas putih, sebab selama pembuatannya tidak memerlukan proses khusus.

6.     Pemolesan Cincin

Baik itu cincin emas putih maupun cincin emas kuning, pemakaian dan penyimpanan jangka panjang bisa membuat kilau pada cincin memudar. Untuk mendapatkan kilau seperti pertama kali Anda membelinya, cincin emas kuning butuh dipoles di toko perhiasan.

Sementara cincin emas putih tidak perlu dipoles, melainkan dipermanis dengan lapisan rhodium yang akan mengembalikan kilau cincin. 

7.     Estetika yang Ditimbulkan 

Sebenarnya tidak ada estetika khusus yang ditimbulkan dari masing-masing cincin. Namun, bila Anda menyukai penampilan yang lebih elegan, anggun dan modern, maka cincin emas putih adalah solusi tepatnya.

Untuk Anda yang menyukai penampilan klasik, mewah dan stylish, lebih baik memilih cincin emas kuning.

Tips Memilih Cincin Kawin Emas yang Tepat

Masih belum menemukan titik terang mau pilih cincin kawin emas seperti apa? Selain mengetahui jenis emas yang cocok, ada baiknya mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

1.     Budget yang Dialokasikan

Hal yang paling pertama menjadi bahan pertimbangan tentu budget yang Anda sediakan. Penentuan alokasi budget akan memudahkan proses memilih. Pilihan cincin yang banyak bisa dikerucutkan kembali menjadi beberapa pilihan saja.

Dengan begitu Anda tidak terlalu bimbang saat memilih. Sebelum menentukan budget, Anda perlu mencari referensi harga cincin pada umumnya di pasaran. Tidak lupa untuk mengalokasikan biaya tambahan, misalnya untuk biaya ongkos kirim jika ingin membeli secara online.

2.     Desain Cincin

Setelah menentukan budget yang akan dialokasikan, hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah desain cincin. Toko perhiasan pasti menawarkan pilihan desain cincin yang sangat banyak, bisa-bisa Anda bingung.

Untuk mempermudah pemilihan, Anda bisa menentukan desain cincin yang diinginkan, misalnya desain stylish, sederhana, minimalis, mewah, modern, dan lain sebagainya.

Tentukan juga apakah ingin buah permata mungil atau dominan. Setelah itu, Anda bisa bertanya kepada penjual terkait desain yang Anda inginkan. 

3.     Jenis Emas yang Digunakan 

Sebelumnya sudah dibahas tuntas tentang perbedaan cincin emas kuning dan emas putih di atas, kedua jenis emas tersebut memiliki keunggulan dan ciri khas masing-masing.

Untuk mengerucutkan opsi yang ada, perhatikan kembali budget Anda, apakah emas kuning atau emas putih yang lebih cocok dengan range budget Anda. 

4.     Ukuran Cincin

Toko perhiasan profesional umumnya menyediakan ring sizer, alat pengukur ukuran cincin. Ukuran besar kecilnya cincin tentu berpengaruh pada harga. Logikanya, semakin besar ukuran maka emas yang dibutuhkan juga semakin banyak.

Pilih cincin yang ukurannya pas di jari, tidak longgar dan tidak ketat. Cincin yang longgar akan mudah lepas, dan jari terasa sesak bila cincin terlalu sempit.

Cincin emas juga dibagi lagi menjadi dua ketipisan yang berbeda, sesuaikan ketebalan cincin emas yang paling Anda sukai. Cincin emas tebal akan memberikan kesan yang lebih mewah, sementara cincin emas tipis terlihat lebih elegan dan sederhana.

Pertimbangkan lagi ketebalan cincin emas dengan budget yang Anda punya.

5.     Pilih Berdasarkan Kepribadian

Memutuskan desain cincin mungkin tidak mudah saking banyaknya desain cincin yang sama-sama menawan. Alternatif lain dalam menentukan desain cincin adalah menyesuaikan dengan kepribadian Anda. Umumnya cincin memiliki desain seperti di bawah ini:

●        Plain Band

Desain satu ini sangat sederhana, tidak dilengkapi dengan ornamen atau permata. Cocok dipakai di segala jenis acara karena desainnya yang simpel dan klasik.

●        Shaped Band

Lingkaran cincin memiliki bentuk yang tidak biasa dan terlihat lebih unik.

●        Gem set

Desain berikutnya lebih mewah dengan sematan batu permata indah.

●        Duo Tone

Sesuai dengan namanya, cincin dibuat dengan perpaduan antara dua warna yang saling komplemen.

●        Kombinasi Material Logam

Cincin terbuat dari kombinasi beberapa material premium, misalnya kombinasi antara emas dan logam lainnya.

6.     Tingkat Kenyamanan

Cincin biasanya dikenakan setiap hari sebagai suatu lambang cinta. Jadi, pilihlah cincin dengan tingkat kenyamanan paling tinggi saat dikenakan. Pertimbangkan lagi bahan dan desain cincin.

Akan lebih baik bila desain cincin timeless alias tidak termakan zaman. Karena kemungkinan Anda akan terus memakainya sampai puluhan tahun ke depan. Dengan begitu cincin akan tetap membuat Anda tampil menawan meski usia cincin sudah bertahun-tahun.

Kotagede Jewellery menawarkan ratusan cincin kawin emas premium dengan desain yang stylish sepanjang waktu. Cincin dibuat dari emas lokal kualitas terbaik yang diproses dengan teknologi modern.

Ingin lihat langsung cincin impian Anda? Kunjungi galeri offline-nya di Jalan Palagan No.km 7, RT.13/RW.35, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581 atau menghubungi 0877-7172-2000 untuk mendapatkan informasi lebih detail.